Wingko Babat Kue Khas Lamongan-Semarang dan Resepnya

Ketika kita bertamasya disuatu tempat terutama dikawasan Jawa terkadang ada beberapa kios yang menjajakan kue untuk oleh-oleh yang bernama Wingko Babat. Kue ini mungkin bagi anda semua sudah sangat familier dengan rasa yang manis dan agak gurih dengan aroma kelapa, dan ketika digigit agak sedikit kenyal karena bahan dasar dari kue ini adalah tepung ketan.

Wingko Babat sendiri lebih terkenal didaerah Semarang, yang pada perkembangannya tersedia beraneka ragam rasa seperti coklat, nangka, keju, pisang, kacang, durian, dan ketan hitam. Namun ternyata kue ini sesuai dengan namanya berasal dari daerah Babat, yaitu suatu daerah di Lamongan Jawa Timur di dekat Bojonegoro.

Kue ini pada umumnya berbentuk bundar dan pada permukaannya seperti agak gosong, karena cara memasak Wingko babat sendiri ialah dengan cara dipanggang. Menariknya sebagai kue oleh-oleh, Wingko Babat biasanya dikemas dengan kemasan yang sangat menarik yang didepannya ada gambar gambar kereta, bus, atau kapal, dan tiap bungkus hanya berisi satu kue saja.

Wingko Babat menjadi salah satu kue khas tradisional Indonesia, dan banyak digemari oleh masyarakat lokal bahkan wisatawan asing yang sedang berlibur di Indonesia. Walaupun kue ini bisa dengan mudah kita dapatkan ditoko-toko kue atau oleh-oleh, mari kita juga mencoba untuk membuatnya sendiri di rumah. Jika anda tertarik berikut resepnya.
Resep Wingko Babat
Tepung ketan 600 gram
Kelapa agak muda 240 gram dikupas bersih kemudian diparut
Telur ayam 4 butir
Gula pasir  600 gram
Margarin 180 gram
Coklat bubuk 50 gram
Air 240 ml

Cara Membuat

1. Campurkan setengah gula dari takaran diatas dengan margarin hingga dan aduk hingga merata
2. Campurkan gula sisa takaran dengan telur dan kocoklah hingga merata
3. Campurkan tepung ketan dengan kelapa parut, kemudian tuangkan adonan nomor 2 disusul dengan adonan nomor 1
4. Jika sudah masukan air sedikit demi sedikit sambil diaduk, dan tauangkan bubuk coklat kemudian diaduk rata
5. Siapkan cetakan yang dialasi dengan daun pisang dan diolesi minyak, kemudian tuangkan adonan yang sudah jadi
6. Pangganglah dalam oven hingga matang.

0 comments:

Post a Comment