Resep Kue Tradisional Lompong Sagu yang Semakin Langka

Indonesia memang kaya dengan beragam jenis kue tradisional yang ada disetiap daerah masing-masing yang memiliki ciri khas berbeda, namun sayangnya ada beberapa diantaranya yang semakin lama seakan-akan seperti dilupakan, karena mungkin semakin banyaknya makanan modern yang ada ditengah masyarakat. Salah satunya adalah apa yang dinamakan dengan kue Lompong Sagu, yang mungkin saja bagi sebagian orang untuk mendengarnya saja belum pernah. Padahal kue tradisional ini bisa dibilang salah satu kekayaan kuliner Indonesia yang seharusnya tetap kita lestarikan agar tidak punah.

Sesuai dengan namanya kue ini terbuat dari bahan dasar berupa adonan sagu dicampur dengan pisang(pisang kepok atau pisang raja), sehingga rasanya juga manis dan sangat khas, selain itu cara memasaknya yang dipanggang tentu juga akan memberikan cita rasa tersendiri. Kue Lompong Sagu pada umumnya dibungkus oleh daun seperti daun pisang yang dibentuk agak mirip lontong yaitu bulat memanjang, selain itu jika kita membuka bungkusnya maka warna dari kue ini adalah berwarna kecokelatan karena bahan pemanis yang digunakan adalah berupa gula merah.

Sesuai dari salah satu sumber yang kami dapatkan jika kue ini konon kabarnya berasal dari Kab.Tapanuli Tengah, Prov. Sumatera Utara, sekitar 30KM dari Sibolga. Namun sumber ini juga menyebutkan jika didaerah Sibolga tersebut kue tradisional ini juga sudah jarang bisa ditemukan penjualnya, sehingga bagi kita yang ingin mencicipinya tentu saja yang terbaik adalah dengan cara membuatnya sendiri.

Oleh karena itu bagi anda yang penasaran dengan rasa dari salah satu kue tradisional Indonesia dan ingin mencicipinya, pada kesempatan kami kali ini kami juga akan sedikit berbagi tentang cara membuat dan resep kue Lompong Sagu. Selain itu dengan membuatnya maka sekaligus akan melestarikan kue yang langka ini. Jika anda tertarik silahkan baca yang ada dibawah in
Resep Kue Lompong Sagu
150 gram sagu aren
1/2 butir kelapa setengah tua, kemudian diparut
125 gram gula merah, kemudian disisir
1 sendok makan gula pasir
4-5 buah pisang kepok tua/pisang raja(tergantung ukuran), haluskan
2-3 sendok makan air

Cara membuat
1. Campurkan pisang yang telah dihaluskan dengan gula dan garam
2. Masukan tepung sagu, kelapa parut dan sedikit air kemudian aduklah hingga semuanya merata
3. Ambil adonan kira-kira 3 sendok makan, kemudian letakan pada daun pisang, bungkus rapat
4. Pangganglah diatas bara api, sambil dibolak-balik agar matang merata
5. Jika sudah matang angkat dan dinginkan, maka kue Lompong Sagu siap disajikan.

Sumber :
http://finag.wordpress.com/2011/02/09/resep-kue-lompong-sagu/

0 comments:

Post a Comment